Mobile computing
adalah kemampuan teknologi untuk menghadapi perpindahan/pergerakan manusia
dalam penggunaan komputer secara praktis. Beberapa pengertian tentang mobile
computing diantaranya :
- Mobile computing merupakan paradigma baru dari teknologi yang mampu melakukan komunikasi. walaupun user melakukan perpindahan.
- Merupakan
kemajuan teknologi komputer, sering disebut sebagai mobile computer (portable
computer) yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel (nirkabel). - Merupakan sekumpulan peralatan(hardware), data, dan perangkat lunak aplikasi yang bermobilisasi/berpindahlokasi.
- Merupakan kelas tertentu dari system terdistribusi dimana beberapa node dapat melepaskan diri dari operasi terdistirbusi, bergerak bebas, dan melakukan koneksi kembali pada jaringan yang berbeda.
- Tidak sama dengan wireless computing.
Mobile Computing yang dalam pengertiannya adalah menggunakan komputer
dimana saja. Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi
yang memiliki teknologi canggih yang sering disebut sebagai mobile
computer (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan
jaringan tanpa kabel (nirkabel) walaupun user atau pengguna dari alat
tersebut sedang melakukan perpindahan.
Dari definisi diatas kita dapat memahami mengapa
kita membutuhkan mobile computing. Kata kuncinya adalah kita manusia dinamis
yang senantiasa bergerak dan berkembang dari satu keadaan ke keadaan yang lain.
Sehingga membutuhkan suatu device yang mampu mengikuti pergerakan kita.
Bergerak disini dilihat dari dua sisi yaitu orang dan device.
Pergerakan dari User:
- Perpindahan posisi geografis
- Perpindahan jaringan komunikasi
- Perpindahan peralatan komunikasi
- Perpindahan antara aplikasi
Pergerakan dari Device:
- Perpindahan posisi geografis
- Perpindahan jaringan komunikasi
SEJARAH MOBILE COMPUTING
Berikut dibahas sedikit mengenai
sejarah perkembangan mobile computer, yakni :
- Dynabook (1968) : Alan kay mengembangkan sebuah komputer portabel yang nantinya menawarkan sebuah media elektronik yang modern yang diperuntukan untuk anak anak. Graphical control interface dengan icon pada Komputer ini merupakan cikal bakal dari system operasi yang ada saat ini.
- Gir Compass 1100 (1982) : Teknologi ini di rancang dan di kembangkan oleh gird sangat terdepan . cover nya dapat dilipat dan teringrasi sebauh flatscreen serta casing dari magnesium yang ultralight. Namun ini di teruskan dan dikembangkan oleh bil moggridge ini terlalu mahal dengan harga mencapai dengan US$ 10.000. hanya kalangan militer AS dan NASA saja yang dapat membelinya.
- Oseborne 1 (1981) : IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962 hardisk ini bisa menyipan sampai dengan 2 juta karakter pada diskpack yang dapat di ganti (1316). Ketebalan hardisk ini mencapai 4 inci dan berat 4,5 kg dan memiliki 6 disk yang berukuran 6 disk yang berukuran 14 inci dan permukaan yang dapat ditulis.
- Compaq Portable (1983) : Laptop pertama yang kompetibel dengan IBM ditawarkan oleh Compaq. Berat dan tanpa batrai lantaran masih menggunakan system operasi MS DOS laptop ini tidak popular.
- Gavilan SC (1984) : Touchpad pertama ini ditawarkan oleh laptop Gavilan dan berada di atas keyboard. Model komputer ini sudah dilipat dan menyediakan laya LCD serta processor intel 80168 yang kompetibel dengan harga MS DOS.
- Bondwell 2 (1985) : Walaupun era CP /M yang sudah lewat tetapi kehadiran ini tetap sukses dengan RAM sebesar 64 Kb floppy drive 3.5 inci dan layer LCD laptop ini menjadi jawara di eranya.
- COMPAQ SLT 286 (1988) : Laptop pertama yan sudah dilengkapi dengan batrai hardisk dan LCD. Layarnya menawarkan resolusi VGA penuh.notebook ini ditujukan untuk kalangan bisnis. Tidak heran harganya mencapai harga mobil pada saat itu.
- USB interface (1997) : Setelah penganalan port interface USB hamper semua perangkat terhubung dengan notebook computer portable mendadak menjadi universal.
- WLAN untuk semua (1999) : Berkat penggunaan WLAN notebook kini tidak lagi statis hotspot menghubungkan perangkat ini ke internet dan jaringan kantor serta dapat diakses dimana saja.
Jenis Mobile Computing :
- Laptop :
laptop merupakan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada sebuah casing. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya kemana-mana. - Wearable computer :
komputer yang dipakaikan di tubuh manusia. Contohnya adalah Computer Gletser Ridgeline W200. W200 ini terbuat dari paduan magnesium bertulang yang memaksimalkan kekuatan dan meminimalkan berat keseluruhan. Pada hanya 10,2 ons dan dibentuk pada kontur lengan, W200 yang mengkombinasikan fitur yang sama dari sebuah komputer standar dengan sebuah perangkat yang memberikan kenyamanan dan ergonomis pergelangan tangan instrumen aus. W200 ini memiliki sebuah 3.5 “layar warna dengan layar sentuh, keyboard backlit dan baterai hot swappable. Fungsi nirkabel dari W200 memastikan konektivitas berkelanjutan terlepas dari lokasi pengguna dengan plug and play Wi-Fi, Bluetooth dan modul GPS. - PDA :
sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana. PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, akses internet, intranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh. - Smart phone :
ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. - Carputer :
Carputer adalah suatu perangkat komputasi yang terpasang di mobil. Carputer ini beroperasi sebagai nirkabel, GPS, bluetooth kompatibel, GPS, pemutar DVD, dan perangkat lunak pengolah kata. Carputer ini biasanya digunakan untuk memutar MP3, bermain game, menonton film, music video, dan bisa juga untuk GPS. Untuk menambahkan GPS, perlu ditambahkan modul dan software peta pada carputer tersebut. Sumber daya pada carputer tersebut berasal dari daya yang dihasilkan dari sari baterai mobil yang kapasitasnya terbatas. Sistem operasi carputer umumnya adalah dari open source misalnya linux, atau ada juga yang menggunakan windows. - UMPC : UMPC adalah komputer yang posisinya berada di antara komputer tablet dan ponsel pintar. Di dunia komputer, UMPC merupakan kategori baru. UMPC lahir dari ide Bill Gates, pendiri Microsoft. Setahun lalu, dalam konferensi Windows Hardware Engineering, Gates mencetuskan idenya soal komputer ekstramini yang bisa dibawa ke mana-mana, berlayar sentuh, dapat memutar film dan lagu, bisa untuk bermain game, dapat digunakan untuk mengerjakan tugas kantor, dan berharga kurang dari US$ 500 (Rp 4,6 juta).
Konsep Mobile computing
- Mobilitas
- Handoff : kapan melakukannya, Pilih jaringan.
- Proses Migrasi: aplikasi infrastruktur pendukung yang mengikuti mobilitas
- Privasi dan Keamanan
- Otentikasi
- Otorisasi
- Enkripsi: keamanan
Pendukung Mobile Computing
- Hardware:
- Computing Unit (Central Processing Unit)
- Memory
- Storage
- Communication: Wireless (WiFi/Wimax, CDMA/GSM/3G, Bluetooth, dll)
- Sensing Device: camera dll
- Displace Devices: LCD Display, dll
- Software:
- Operating System:Microsoft Windows Mobile/CE, Symbian, RIM, Palm, Linux, Savale
- GUI
- Applications: cell phone applications, calendar, dll
- Java ME, popular untuk game
- Symbian, general purpose, didukung Nokia
- Android adalah berbasis Linux
- iPhone , hanya pada Mac OS X
- Palm OS, kuat di US
MANFAAT
Perangkat mobile dapat digunakan untuk berbagai
macam keperluan. Fitur utama termasuk akses langsung ke data dan cara-cara yang
lebih fleksibel dalam melakukan bisnis. Hal ini sering mungkin untuk
melaksanakan tugas-tugas yang sama yang akan di kantor pada saat bergerak,
karena banyak perangkat mobile mengoperasikan software yang sama seperti PC
kantor, contoh :
- kita dapat menggunakan laptop dan handheld untuk membuat presentasi , memeriksa tingkat saham , membuat kutipan , dan memesan secara online saat customer premises.
- laptop yang ideal untuk 'desking panas' , dan jenis-jenis kerja yang fleksibel , seperti homeworking dan bekerja saat bepergian jauh dari kantor.
- laptop dan handheld memungkinkan pengguna untuk tetap berhubungan melalui email sementara keluar dari kantor.
KELEBIHAN
Dengan
menggunakan mobile computing, kita akan memperoleh banyak sekali Kelebihan. Kelebihan
tersebut antara lain:
- Mobilitas
Anda tidak perlu mengikat diri ke
tempat tertentu. Anda dapat melakukan pekerjaan Anda saat duduk di mobil atau
kereta api. Anda dapat berkomunikasi dengan orang lain sambil duduk di mana
saja di dunia. Anda dapat chatting online dengan teman-teman Anda dan anggota
keluarga sambil duduk di pantai. Anda dapat melakukan pekerjaan kantor Anda
sambil duduk di mana saja.
- Keefektifan
Dengan menggunakan mobile computing,
lebih banyak pekerjaan dapat diselesaikan karena fleksibilitas dalam hal tempat
bekerja.
KEKURANGAN
Selain
dari manfaat-manfaat yang dimiliki oleh mobile computing, mobile computing juga
memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain:
Rendahnya
jaringan bandwidth
Pengguna mobile dapat terhubung ke
jaringan nirkabel melalui berbagai jaringan komunikasi termasuk radio nirkabel,
wireless Local Area Network (LAN), nirkabel selular, satelit, dll Setiap
jaringan nirkabel menyediakan kapasitas bandwidth yang berbeda. Namun,
bandwidth nirkabel ini terlalu kecil dibandingkan dengan jaringan tetap seperti
ATM (Asynchronous Transfer Mode) yang dapat memberikan kecepatan hingga
155Mbps.
Biaya
komunikasi asimetrik
Kapasitas bandwidth yang berbeda
antara hilir komunikasi dan komunikasi upstream telah menciptakan sebuah
lingkungan baru yang disebut Lingkungan Komunikasi asimetrik. Bahkan, ada dua
situasi yang dapat mengakibatkan komunikasi asimetri, Salah satunya adalah
karena kemampuan perangkat fisik. Misalnya, server memiliki pemancar siaran
kuat, sedangkan klien mobile memiliki kemampuan transmisi kecil. Yang lain
adalah karena pola aliran informasi dalam aplikasi. Misalnya, dalam situasi
dimana jumlah server jauh lebih sedikit daripada jumlah klien, itu adalah
asimetris karena ada tidak kapasitas yang cukup untuk menangani permintaan
simultan dari beberapa klien.
Koneksi
yang lemah
pengguna Mobile sering terputus dari
jaringan. Hal ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, termasuk kegagalan
sinyal, jangkauan sinyal yang kurang luas, area blank spot, dan penghematan
daya. Tetapi hal ini juga bisa menguntungkan karena modus aktif membutuhkan
seribu kali power lebih besar daripada perangkat dalam kondisi standby atau
mode sleep. Sinyal radio nirkabel mungkin juga akan melemah karena jarak yang
jauh dari sumber sinyal dimana pengguna bergerak.
Konsumsi tenaga
Mobile computing sangat bergantung
pada daya tahan baterai.
PENERAPAN DALAM KEHIDUPAN
Dalam kehidupan sehari-hari dapat kita lihat dalam penggunaan perangkat mobile seperti smartphone atupun tablet dimana pada perangkat tersebut kita dapat melakukan kegiatan komputasi.
Contoh-contoh-Applikasi Mobile Computing : BBM(Blackberry Massanger), WhatsApp, Bayar listrik online, dll. Mobile applications yang sudah ada saat ini.
Diantaranya adalah :
- Kendaraan(untuk pemantauan dan koordinasi, GPS)
- Peralatan Emergensi(akses kedunia luar)
- Akses web dalam keadaan bergerak
- Location aware services
- Information services
- Disconnected operations (mobile agents)
- Entertaintment(network game groups)
SUMBER
http://siscayunida.blogspot.co.id/2012/05/definisi-mobile-computing-beberapa.html
http://worldnews-online-worldpedia.blogspot.co.id/2015/04/normal-0-false-false-false-in-ja-x-none.html
http://ndy2andy.blogdetik.com/2010/03/24/mobile-computing-komputer-bergerak/
https://4d1kurn14.wordpress.com/2010/04/25/mobile-computing/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar