Sabtu, 05 November 2016

SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)





PENGERTIAN SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.

Dengan kata lain, SEO adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website menjadi lebih baik di mesin pencari, terutama Google. Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor potensial terus menerus secara gratis. 

Untuk pemahaman yang lebih mendalam, berikut paparan pengertian SEO menurut para ahlinya:

1. Menurut Rand Fishkin, SEO adalah kombinasi dari taktik maupun strategi yg mencakup tetapi tidak dibatasi oleh optimalisasi informasi, kemudahan penggunaan, fokus pada kualitas konten, penargetan pengunjung, desain, pengembangan website, riset kata kunci, penempatan kata kunci, link building, social media dan segala macam elemen marketing online dan offline yg mendukung tujuan untuk menerima lebih banyak traffik atau visitor dari search engine.

2. Menurut Neil Patel (lebih mudah dimengerti) SEO adalah sebuah seni untuk memahami search engine dan menggunakan pengetahuan tersebut untuk membuat sebuah situs memiliki peringkat lebih tinggi dan terus meningkat di dalam search engine (bing, google, yahoo, dan lain-lain).


SEJARAH SEO

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.

Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

MANFAAT SEO

Fungsi atau kegunaan SEO adalah:

SEO dapat menjadi ladang bisnis

Ladang bisnis disini maksudnya adalah bagi yang sudah ahli mengenai SEO, mereka dapat menawarkan jasa SEO.

Jasa SEO biasanya dibandrol dengan harga fantastis tetapi banyak yang memesannya karena dengan SEO bisnis mereka juga akan mendapat keuntungan yang lebih karena akan banyak pengunjung yang mengunjungi web mereka.

Jadi ada banyak peluang untuk produk yang dijual untuk dapat dibeli sehingga penjualan akan naik. Misalnya toko-toko online baik fashion, elektronik maupun yang lainnya.

SEO dapat memperkuat blog di mata mesin pencari (search engine)

Karena search engine atau mesin pencari tidak akan tertipu jika ada artikel atau blog yang sama, secara otomatis SEO tersebut tidak akan berkembang.

  • SEO dapat memperkuat blog
  • .SEO dapat menaikkan ranking suatu website atau blog dengan kata kunci yang ditentukan oleh pembuat atau pemilik web
  • Order atau penghasilan akan bertambah misalnya untuk toko online
  • Dapat menekan biaya pembuatan dan pemasangan iklan untuk tujuan promosi pada web/ blog

Semakin blog atau web menempati urutan halaman pertama google maka blog tersebut semakin kuat karena dipastikan banyak pengunjung yang akan membuka blog tersebut.

KEUNTUNGAN BLOG SEO


  • Jika kita pandai menargetkan kata kuci dan kita berada di urutan teratas. Blog ataupun website kita bisa berada di atas bahkan bisa berjam-jam, berhari-hari, bermingu-minggu. Dengan begitu kita dapat pengunjung yang banyak dan misi dan visi kita dapat tercapai.

  • Kita tidak perlu membayar ke pada mesin pencari sepeserpun untuk tampil di halaman pertama mesin pencari. Dan blog kita bisa permanen tahan lama di banding blog yang Non-SEO.

  • Kita dapat membangun website ataupun blog dengan semenarik mungkin sesuai selera.

  • Kita dapat memasarkan blog kita dengan cara kita sendiri.

KEKURANGAN BLOG SEO 


  • Dapat di muculkan oleh mesin pencari dalam sekejap. Tanpa menunggu berjam-jam, maupun berhari-hari. Sehingga kita dapat memasarkan blog kita dengan cepat, cara ini cocok bagi para pejual online khususnya.

  • Dapat mucul di halaman pertama mesin pencari, entah no 1,2,3 dan seterusnya. Dengan berada di urutan pertama dari mesin pencari, kita dapat pengunjung yang banyak, karena pengunjung biasanya tidak mau ribet dan pilih website atau blog paling atas, karena mereka menganggapnya itu adalah blog yang profesional.

  • Persaingannya lebih mudah, intinya kita punya biaya yang banyak untuk semua itu.

KEGIATAN SEO

Di dalam strategi SEO, ada dua hal penting yang harus dikerjakan oleh seorang internet marketer, yaitu: SEO On Page dan SEO Off Page. Yuk kita bahas lebih jauh.

1. SEO On Page
SEO On Page adalah sebuah upaya optimasi website yang dilakukan dari sisi website itu sendiri. Dengan kata lain, upaya optimasi yang dilakukan oleh seorang pemilik website/ webmaster dengan mendesain website yang SEO Friendly. Beberapa elemen penting yang terdapat dalam SEO On Page antara lain:

  • Riset kata kunci untuk menemukan kata kunci utama dan kata kunci pendukung yang paling relevan dengan niche website yang akan dibuat
  • Membangun website dengan struktur yang baik, tampilannya menarik, dan load-nya cepat
  • Menggunakan Title Tag yang baik untuk homepage dan judul konten
  • Menambahkan description yang relevan dengan website
  • Membangun konten yang bermanfaat bagi audiens
  • Mengatur URL (permalinks) yang SEO Friendly
  • Menggunakan Heading dengan baik (H1, H2, H3, H4)
  • Mengatur navigasi website sebaik mungkin
  • Membangun internal links
  • Menambahkan keywords pada penamaan gambar/ image
2. SEO Off Page

SEO Off Page adalah upaya optimasi website yang dilakukan dari luar website yang dibangun. Sebuah halaman website yang SEO On Page nya sudah bagus perlu didukung dengan optimasi dari luar website itu sendiri. Optimasi off page dilakukan dengan cara membangun links (backlinks) dari situs lain menuju website yang dioptimasi. Beberapa jenis links yang biasa dibangun untuk meningkatkan popularitas sebuah website di internet antara lain:

  • Links dari media sosial (Twitter, Facebook, Google+, Youtube, dan lain-lain)
  • Links dari web 2.0 properties (Blogspot, WordPress, Weebly, dan lain-lain)
  • Links dari forum online (Kaskus, Bersosial, Forum Detik, Forum Kompas, dan lain-lain)
  • Links dari situs social bookmark (Lintas.me, Diigo.com, Folkd.com, dan lain-lain)
  • Links dari kegiatan blogwalking (berkomentar di blog orang lain)
  • Links dari website yang menerima guest blogger
TAHAPAN TIPS DAN TRIK STRATEGI SEO

Untuk melakukan SEO ada beberapa hal yang harus disiapkan atau dilakukan agar bisa mencapai hasil maksimal, dalam arti rangking pertama.

Tahap Ke 1
Persiapkan sebuah website yang akan dioptimasi, baik itu menggunakan blogspot, wordpress, dan lain sebagainya. Itu yang saya sarankan agar terlihat lebih profesional, memang dilain kasus bisa melakukan SEO tanpa website, seperti dengan sebuah status facebook, fanspagenya, twitter, thread kaskus, dan lain lain, tetapi itu tidak dianjurkan karena dimata pengunjung akan terlihat kurang terpercaya.

Tahap Ke 2
Riset kata kunci, menurut saya pribadi: riset kata kunci menentukan 60% dalam sukses SEO dan suksesnya meningkatkan penjualan, mengapa bisa demikian? Karena jangan sampai teman-teman mengoptimasi kata kunci tetapi tidak ada pencarinya atau ada pencarinya tetapi saingannya banyak banget.

Tool terkenal yang telah disediakan oleh google adalah “google keyword planner”, teman-teman dapat gunakan ini, karena data yang digunakan google update setiap bulan.

Tahap Ke 3

Lakukan on page SEO dengan baik dan benar, onpage SEO dalam arti mengoptimasi sebuah website pada kontennya (dari dalam), seperti terdapat kata kunci yang ingin ditarget, konten yang nyambung dengan judul, tulisan yang original, dan lain-lain (masih banyak) tetapi intinya, buat pengunjung yang baca betah dan mendapatkan informasi seutuhnya.

Dulu memang enak, Anda cukup meletakkan kata kunci di judul, deskripsi, dan konten sudah bisa rangking pertama, walaupun artikel yang Anda tulis tidak nyambung dengan judul, konten yang copy paste. Tetapi hal itu disadari dan google mengubah algoritmanya menjadi lebih detail dan dapat mengenali sebuah situs yang berkualitas dan tidak.

Tahap Ke 4

Lakukan offpage SEO secara baik dalam arti natural, offpage SEO yaitu mengoptimasi sebuah website dari luar. offpage SEO yang terbaik dan natural adalah orang lain mereferensikan agar pengunjung websitenya mengunjungi website Anda. Tetapi itu terjadi jika situs Anda sudah besar dan meyakinkan.

Untuk strategi offpage sangat banyak sekali, bisa dengan membangun web 2.0, PBN, sosbok, dan lain-lain.







SUMBER



Tidak ada komentar:

Posting Komentar